review konsumsi

Konsumsi

A.)  Pengerian konsumsi

Menurut Don Staler (1997) konsumsi adalah bagaimana manusia dan aktor sosial dengan kebutuhan yang dimilikinya berhubungan dengan sesuatu, dalam hal ini material,jasa,simbolik yang dapat memuaskan mereka. sesuatu yang memuaskan mereka seperti menikmati, melihat,merasakan dan lainnya. Jadi konsumsi mengacu pada keseluruhan aktifitas sosial yang orang lakukan untuk hidup. Jadi bukan hanya makan minum saja tetapi semua aktifitas manusia.

B.)  Pandangan Para Peneruka Sosiologi Tentang Konsumsi

Para tokoh sosiologi yang telah berbicara tentang konsumsi antara lain :

1.)     Karl Max (1818-1883)

Ternyata max banyak membahas tentang konsumsi. Dalam membahas komoditas, max membedakan antara alat alat produksi dan alat alat konsumsi. Dalam alat alat produksi max mendefinisikan sebagai komoditas yang memasuki konsumsi produktif. Sedangkan alat alat konsumsi, konsumsi itu memasuki komoditas konsumsi individual dari kelas kapitalis dan pekerja.Karna pembagian tersebut maka akan terjadi pengklasifikasian jenis konsumsi. Yaitu konsumsi subsistensi dan konsumsi mewah.Konsumsi subsistensi adalah alat alat konsumsi yang diperlukan oleh para pekerja(bahan pokok). Sedangkan konsumsi mewah alat alat konsumsi mewah yang dimiliki para kapitalis seperti barang barang mewah (bmw).

2.)    Emile Durkheim (1858-1917)

Sumbangan Durkheim dalam buku “ The Devision of Labor in Society” adalah pemikiran tentang yang mempersatukan masyarakat adalah kesadaran kolektif, yaitu totalitas kepercayaan-kepercayaan dan sentimen-sentimen bersama(1964:79). Ia merupakan suatu solidaritas yang tergantung pada individu-individu yang memiliki sifat-sifat yang sama dan menganut kepercayaan-kepercayaan dan pola yang normative yang sama pula. Misalnya : semua orang dalam komunitas memiliki pandangan sama tentang bagaimana atau seperti apa cara atau pola perumahan, tentang cara atau pola makan, tentang ide atu nilai baik buruk atau benar salah sesuatu, dan sebagainya.

3.)    Max Weber (1864-1920)

Dalam bukunya “Economy and Society” menyatakan bahwa tindakan konsumsi dapat dikatakan sebagai tindakan sosialsejauh tindakan tersebut memperhatikan tingkah laku dari individu lain dan oleh karena itu diarahkan pada tujuan tertentu.( weber 1978:4).

4.)    Thorstein Veblen (1857-1929)

Dalam bukunya “The Theory of The Leisure Class” ia melihat kapitalisme industry berkembang secara barbar, karena properti privat tidak lain merupakan”barang rampasan yang diambil melaui kemenangasn perang (1994:27)

 

C.)  Fokus Kajian Sosiologi Tentang Konsumsi

Adapun fenomena-fenomena yang termasuk dalam fenomena konsumsi seperti: Masyarakat konsumsi, budaya dan konsumsi, perilaku konsumen, waktu luang, gaya hidup, fashion, dan lain lain.

D.)  Budaya dan Konsumsi Pada Masyarakat Prakapitalis

Menurut Don Slater : bahwa konsumsi selalu dan di manapun dipandang sebagai suatu proses budaya. Konsumsi benda-benda tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan fisik-biologis semata,tetapi juga berkaitan dengan manfaat benda-benda atau obyek-obyek secara social budaya (Lee, 2006; Lury,1998; dan Featherson, 2001). Dalam kaitannya pendapat lury terdapat beberapa pemaknaan social terhadap konsumsi benda-benda dalam kehidupan social masyarakat pra kapitalis.

a.       Konsumsi sebagai pembeda antara Kehidupan Profan dan Kehidupan Suci.

b.      Konsumsi sebagai identitas.

c.       Konsumsi sebagai stratifikasi social.

E.)  Budaya Konsumen

 

Karakteristik yang dimiliki oleh budaya konsumen, yaitu antara lain:

a.       Budaya Konsumen Merupakan Suatu Budaya dari mKonsumsi

b.      Budaya Konsumen sebagai Budaya dari Masyarakat Pasar.

c.       Budaya Konsumen adalah secara Prinsip, Universal dan Impersonal.

d.      Budaya Konsumen Merupakan Media Bagi Hak Istimewa dari Identitas dan Status dalam Masyarakat Pascatradisional.

e.       Budaya Konsumen Merepresentasikan Pentingnya Budaya dalam Penggunaan Kekuatan Modern.

f.       Kebutuhan Konsumen Secara Prinsip Tidak Terbatas dan Tidak Terpuaskan.

REVIEW dari buku :

Prof.Dr.Damsar . 2009. PENGANTAR SOSIOLOGI EKONOMI. Jakarta : Kencana Pranata Media Group

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s